Jumat, 18 Oktober 2013

Mathematical Proficiency

Pentingnya pengembangan proses pembelajaran matematika sekolah akan berdampak pada pengembangan kemampuan siswa, baik kemampuan matematika siswa maupun kemampuan berpikir dalam pemecahan masalah. Menurut Kilpatric (2001) dalam Jarnawi, pembelajaran matimatika sekolah harus mampu mengembangkan kecakapan matematika yang terdiri dari 5 untaian yang satu sama lain menyatu menjadi simpul. Kelima kecakapan tersebut adalah :

  1. Conceptual understanding atau pemahaman matematika berkaitan engan kemampuan memahami konsep, operasi, dan kaitan atau relasi dalam matematika.
  2. Prosedural fluency atau kelancaran prosedur berkaitan dengan katrampilan dalam menggunakan prosedur dan algoritma secara luwes, akurat, efisien dan sewajarnya
  3. Strategic competence berkaitan dengan kemampuan untuk memformulasi, merepresentasikan, menyelesaikan masalah secara sistematis. proses ini berkaitan dengan langkah pada pemecahan masalah
  4. Adaptive Reasoning berkaitan dengan kapasitas berpikir logis, mampu memberikan penjelasan dan melakukan justivikasi.
  5. Productive disposition berkaitan dengan kebiasaan yang cenderung memahami bahwa matematika mempunyai kegunaan dan manfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain sehingga menjadikan ia rajin dan mandiri dalam belajar matematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar