Senin, 09 Desember 2013

Kebermaknaan Belajar matematika

Ada 2 jenis belajar, yaitu belajar bermakna dan belajar menghafal. Belajar bermakna adalah suatu proses belajar dimana informasi baru dihubungkan dengan struktur pengertian yang sudah dipenuhi seseorang yang sedang belajar. Belajar bermakna akan terjadi bila pembelajar mencoba menghubungkan fenomena baru ke dalam struktur pengetahuan mereka. Ini terjadimelalui belajar konsep, dan perubahan konsep yang telah ada, yang akan mengakibatkan pertumbuhan dan perubahan struktur konsep yang telah dipunyai si pembelajar.
Belajar juga merupakan proses mengasimilasikan dan menghubungkan pengalaman atau bahan yang dipelajari dengan pengertiannya yang sudah dipunyai seseorang sehingga pengertiannya dikembangkan. proses tersebut bercirikan :

  1. Belajar berarti membentuk makna, 
  2. Konstruksi arti, adalah proses yang terus menerus, 
  3. Belajar bukanlah kegiatan mengunpulkan fakta, melainkan lebih suatu pengembangan pemikiran dengan membuat pemikkiran baru, 
  4. Proses belajar yang sebenarnya terjadi pada waktu skemma seseorang  dalam keraguan yang merangsang pemikiran lebih lanjut. Situasi ketidakseimbangan adalah situasi yang lebih untuk memacu belajar. 
  5. Hasil belajar dipengaruhi oleh pengalaman pembelajar dengan dunia fisik dan lingkungan, 
  6. Hasil belajar seseorang tergantung pada apa yang telah diketahui si pembelajar dengan konsep-konsep, tujuan, dan motivasi yang mempengaruhi interaksi dengan bahan yang dipelajari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar