MAKALAH MATEMATIKA
BILANGAN ASLI, BILANGAN CACAH, BILANGAN BULAT,
BILANGAN KOMPLEKS
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 2
PGSD SEMESTER 1 KELAS H :
Maya
Amelia (1286206058)
Neng
Lia Fitriani (1286206330)
Siti
Nurbaeti (1286206288)
Umamah
Pujiawati (1286206310)
Widia
Safitri (1286286162)
PENGERTIAN BILANGAN
Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk
pencacahan dan pengukuran bilangan juga merupakan suatu ide yang bersifat
abstrak yang akan memberikan keterangan mengenai banyaknya suatu kumpulan
benda. Simbol ataupun lambang yang digunakan adalah mewakili bilangan disebut
angka atau lambing bilangan.
Dalam penggunaan sehari-hari, angka, bilangan dan
nomor seringkali disamakan, secara definisi , angka, bilangan dan nomor merupakan
tiga entitas yang berbeda.
Angka adalah suatu tanda atau lambang yang digunakan
untuk melambangkan bilangan, sedangkan nomor biasanya menunjuk pada satu
atau lebih angka yang melambangkan sebuah bilangan bulat dalam suatu barisan
bilangan-bilangan bulat yang berurutan.
MACAM-MACAM
BILANGAN
●Bilangan Asli
●Bilangan Cacah
●Bilangan Bulat
●Bilangan Kompleks
1. BILANGAN
ASLI
Bilangan asli (A) (ordinal) merupakan bilangan yang
dimulai dari angka 1 dan bertambah 1. Pada garis deret ukur bilangan matematika
yang dimulai dari angka 1 bertambah 1 kearah kanan. Bilangan asli juga
merupakan bilangan yang mula-mula dipakai untuk membilang. Bilangan asli
tertutup pada operasi penjumlahan dan perkalian,karena ketika bilangan asli
dikalikan atau dijumlahkan selalu menghasilkan bilangan asli pula.
Contoh : { 1, 2, 3, 4……}
2. BILANGAN
CACAH
Bilangan cacah (c) kardinal merupakan bilangan bulat
positif dan dimulai dari angka nol. Bilangan cacah juga merupakan himpunan
bilangan asli ditambah dengan nol.
Contoh : ( 0, 1, 2, 3, 4, 5 ……)
Pembelajaran
Bilangan Cacah Siswa SD
Operasi
Penjumlahan
Fakta-fakta
dasar penjumlahan untuk anak SD harus dikuasai dari awal. Yang dimaksud dengan
fakta-fakta dasar penjumlahan ialah penjumlahan atau kombinasi bilangan dari 0
sampai 9, misalnya 1+9, 6+3, 9+9 adapun 11+9 bukan fakta dasar penjumlahan
sebab bukan bilangan yang lambangnya terdiri dari satu angka. Anak-anak SD
pertama kali memperoleh pembelajaran penjumlahan pada umumnya dikelas 1 SD
karena taraf pikir anak masih konkret.
Operasi
Pengurangan
Setelah
operasi penjumlahan, operasi berikutnya adalah pengurangan. Operasi ini
dibandingkan dengan penjumlahan banyak ditemui permasalahan. Fakta-fakta dasar
pengurangan , bilangan yang dikurangi harus kurang atau sama dengan 18,
sedangkan pengurangannya ialah bilangan cacah dari 0 sampai 9, 18-9 adalah
fakta dasar, 18-2, 17-15, 7-9 adalah contoh-contoh bukan fakta dasar
pengurangan.
Sifat-sifat
Penjumlahan pada Bilangan Cacah
●Tertutup
●Pertukaran/komunitatif
3.
BILANGAN
BULAT
Bilangan bulat adalah himpunan bilangan cacah dan
himpunan semua bilangan bulat negative, -0 adalah sama dengan 0 dan tidak
dimasukkan lagi secara terpisah. Bilangan bulat dapat dituliskan tanpa komponen
decimal atau pecahan. Himpunan semua bilangan bulat dalam matematika
dilambangkan dengan Z, berasal dari Zahlen (bahasa Jerman untuk
“bilangan”) himpunan semua bilangan bulat terdiri atas :
•Bilangan bulat positif
atau bilangan asli (1, 2, 3, 4, 5 … )
•Bilangan bulat nol (0)
•Bilangan bulat negatif
(-1, -2, -3, -4, -5 …)
Sifat-sifat
operasi bilangan bulat
a.
Sifat Komutatif
a
+ b = b + a
a.b
= b.a
contoh
: 5 + 6 = 6 + 5 = 11
b.
Sifat Assosiatif
(a
+ b) + c = a + (b+c)
Contoh
: (5 + 2) + 3 = 5 + (2+3) = 10
c.
Sifat Distributif Perkalian Terhadap
Penjumlahan
A
x (b + c) = ab + ac
Contoh
: 5 x (3+6) = 5 . 3 + 5 . 6
= 15 + 30
= 45
d.
Terdapat
Dua Elemen Identitas
Setiap
bilangan a mempunyai dua elemen idetitas, yaitu 1 dan 0 sehingga memenuhi :
a
+ 0 = a
a
. 1 = a
e.
Terdapat Elemen Invers
Setiap
bilangan a mempunyai balikan atau invers penjumlahan, yaitu –a yang memenuhi :
a
+ (-a) = 0
Pembelajaran Bilangan
Bulat
● dengan media berbasis
lingkungan
● dengan permainan anak
berjalan dalam garis bilangan
4.
BILANGAN
KOMPLEKS
Bilangan kompleks merupakan bilangan real dan bilangan imajiner yang berbentuk
a+bi dimana a dan b adalah bilangan real dan i adalah bilangan imajiner
tertentu.
Contoh : {3+2i}
Tujuan
Memahami Bilangan Kompleks
●Memahami Operasi Bilangan kompleks.
●Memahami Konversi Bilangan Kompleks kedalam bentuk yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar