KONSEP DASAR MATEMATIKA 1
DOSEN
: YENNI , M.Pd

JUDUL MATERI : SEGI EMPAT
DI
SUSUN OLEH KELOMPOK E
KELAS
: 1 H
·
ANITA
NOVIA KULSUM (1286206307)
·
LIDIYAWATI
(1286206281)
·
NANDA
AYU CITRA WULAN (1286206348)
·
WAHYU
WIRASWATI (1286206327)
DAFTAR ISI
PEMBAHASAN
v SEGI EMPAT……………………………………………………………. 3
1.
PERSEGI………………………………………………………… 3
2.
PERSEGI
PANJANG…………………………………………… 4
3.
JAJAR
GENJANG………………………………………………. 4
4.
BELAH
KETUPAT……………………………………………… 4
5.
LAYANG-LAYANG…………………………………………..... 5
6.
TRAPESIUM…………………………………………………….. 5
a)
TRAPESIUM
SAMA KAKI……………………………... 6
b)
TRAPESIUM
SIKU-SIKU………………………………. 6
c)
TRAPESIUM
SEMBARANG…………………………… 6
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………….. 7
SEGI
EMPAT
Segi
empat adalah suatu bidang datar yang di bentuk atau di batasi oleh empat garis
lurus sebagai sisinya.
Segi
empat di bagi menjadi enam yaitu :
1) Persegi
2) Persegi
Panjang
3) Jajar
Genjang
4) Belah
Ketupat
5) Layang-Layang
6) Trapesium
a. Trapesium
sama kaki
b. Trapesium
siku-siku
c. Trapesium
sembarang
A.
PERSEGI
Persegi adalah persegi
panjang yang keempat sisinya sama panjang.
Ciri-ciri :
1) Memiliki
4 sisi sama panjang
2) Diagonalnya
membentuk sudut siku-siku
3) Sisi
yang berhadapan sejajar
4) Semua
sudutnya siku-siku


Luas = sisi x sisi
a Keliling
= jumlah sisinya / 4 x sisi
Diagonal
= akar dari sisi kuadrat di tambah sisi
a kuadrat
atau sisi akar dua
B.
Persegi
Panjang
Persegi panjang adalah
segi empat dengan sisi yang berhadapan sejajar dan sama paanjang dan keempat sudutnya
siku-siku.
Ciri-ciri :
1) Sisi
yang berhadapan sama
2) Semua
sudutnya siku-siku
3) Kedua
diagonalnya saling membagi dan sama panjang


l Luas = panjang x lebar
Keliling
= p+p+l+l atau 2p+2l
p atau
2(p+l)
Diagonal = akar dari panjang
kuadrat
ditambah lebar kuadrat
C.
Jajar
Genjang
Jajar genjang adalah
segi empat dengan kekhususannya yaitu sisi yang berhadapan sejajar dan sama
panjang.
Ciri-ciri :
1) Sisi
yang berhadapan sama panjang dan sejajar
2) Sudut
yang berhadapan sama besar
3) Dua
sudut yang berdekatan berjumlah 1800


t
Luas = alas x tinggi (tinggi harus
tegak lurus dengan

Keliling
= jumlah sisi-sisinya
D. Belah Ketupat
Belah
ketupat adalah segi empat yang di bentuk dari segi tiga sama kaki dan
bayangannya dengan alas sebagai sumbu cermin.
Ciri-ciri
:
1) Semua
sisinya sama panjang
2) Sudut
yang berhadapan sama besar
3) Sisi
yang berhadapan sejajar
4) Diagonalnya
saling tegak lurus
5) Jumlah
sudut yang berdekatan 1800
c



Rumus
Belah Ketupat :
d b Luas
= ½ x diagonal 1 x diagonal 2 Keliling = jumlah
sisi-sisinya
Diagonal
= menggunakan phytagoras
a
E. Layang-Layang
Layang-layang
adalah segi empat yang di bentuk oleh dua segi tiga sama kaki yang alasnya sama
panjang dan berhimpit.
Ciri-ciri
:
1) Setiap
sisi yang sepasang sama panjang
2) Diagonalya
saling berpotongan dan tegak lurus
3) Sudut
yang berhadapan sama besar (sudut RSP dan sudut PQR)


Luas = ½ x diagonal 1 x diagonal 2

Diagonal
= menggunakan phytagoras
Q
F. Trapesium
Trapesium
adalah segi empat yang memiliki sepasang sisi berhadapan sejajar.
Trapesium
terbagi menjadi tiga yaitu :
1) Trapesium
sama kaki
2) Trapezium
siku-siku
3) Trapesium
sembarang
1. Trapesium
sama kaki



![]() |
![]() |
Ciri-ciri :
· Memiliki
sepasang sisi sejajar
· Sisi
yang tidak sejajar panjangnya sama
2. Trapesium
siku-siku
Trapesium siku-siku adalah trapesium
yang memiliki sudut siku-siku.




t -memiliki
sepasang sisi sejajar

3. Trapesium
sembarang
Trapesium sembarang adalah trapesium
yang tidak memiliki suatu kekhususan.




-keempat sisinya
tidak sama panjang
Rumus trapesium :
Luas
: ½ (a+b).t
Keliling
: jumlah semua sisinya
DAFTAR PUSTAKA
·
Alaric Millington, T ; et al : 1971,
dictionary of mathematic barnes and noble books, New York
·
Bird and may : 1981, mathematics 1, Check books,
butterworth & Co (publisher) Lid.
·
Depdiknas, 2003, kurikulum berbasis
kompetensi untuk sekolah menengah tingkat pertama (SMP) bidang matematika,
Jakarta : Depdiknas

Tidak ada komentar:
Posting Komentar