DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 5:
1.
HUMAEROH
2.
ROSSYTA
QUARISRURI
3.
AMELIA
4.
DEVI
MUFLIHAH
5.
SITI SYARIFAH
6.
RIRIN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERGURUAN SEKOLAH DASAR 1D
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH TANGERANG
TAHUN 2012/2013
KATA PENGANTAR
Assalamu'alaikum wr. wb.
Alhamdulillah segala puji kita ucapkan kepada Allah SWT yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya , sehingga kami mampu menyelesaikan
makalah yang berjudul “Bangun Ruang”. Sholawat serta salam senantiasa kami
sanjungkan kepada jujungan kita nabi Muhammad SAW yang membimbing manusia dari
kesesatan dan kejahiliaan menuju kebenaran yang hakiki. Selain itu, doa
kebenaran tak lupa kami sampaikan kepada semua umat Islam keseluruhan secara
iklas.
Sebagai penyusun kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari
sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan dari para pembaca untuk memberi kritik
dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Sesungguhnya tiada yang sempurna kecuali Allah dan kepada
Allah jualah segala kami serahkan kembali, semoga ini semua bermanfaat untuk
semua.
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………………………… i
DAFTAR ISI………………………………………………………………….. ii
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar
belakang……………………………………………………….. 1
B. Tujuan …………………………………………………………………1
BAB
2 PEMBAHASAN
A. Balok…………………………………………………………………... 2
B. Kubus…………………………………………………………………..3
C. Tabung…………………………………………………………………4
D. Limas…………………………………………………………………...6
E. Kerucut…………………………………………………………………6
F. Bola……………………………………………………………………..8
G. Prisma…………………………………………………………………..8
BAB 3 PENUTUP
A. Kesimpulan……………………………………………………………..10
B. Saran…………………………………………………………………….10
DAFTAR
PUSTAKA…………………………………………………………..11
ii
BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Melihat pentingnya matematika dan peranannya dalam
menghadapi kemajuan IPTEK dan persaingan global maka peningkatan mutu
pendidikan matematika di semua jenis dan jenjang pendidikan harus selalu
diupayakan. Upaya peningkatan mutu pendidikan matematika telah banyak dilakukan
pemerintah.
Berkaitan dengan hal tersebut materi bangun ruang adalah
materi yang penting diajarkan di SD
maupun SMP karena aplikasi konsep geometri ruang sangat dibutuhkan dalam
kehidupan sehari-hari. Contoh sederhana aplikasi konsep bangun ruang adalah
dalam pembuatan kotak makanan, pembuatan kolam dan lain sebagainya. Dengan
pemahaman konsep bangun ruang lebih awal pada tingkat SD akan memberikan modal
untuk bersaing dalam dunia yang kompetitif.
B.TUJUAN
Tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk
memenuhi nilai tugas kelompok mata kuliah matematika fakultas kuguruan dan ilmu
pendidikan prodi perguruan sekolah dasar semester satu di Universitas
Muhamadyah Tangerang, selain itu untuk menambah wawasan dan pengetahuan.
1
BAB 2
PEMBAHASAN
BANGUN RUANG
Bangun ruang
adalah bagian ruang yang dibatasi oleh himpunan titik-titik yang terdapat pada
seluruh permukaan bangun tersebut. Ada beberapa macam bangun ruang diantaranya
sebagai berikut :
a. Balok
b. Kubus
c. Tabung
d. Limas
e. Kerucut
f. Bola
a. Balok
b. Kubus
c. Tabung
d. Limas
e. Kerucut
f. Bola
g. prisma
Sebelum membahas lebih detail tentang Macam-macam Bangun Ruang dan Rumusnya, Untuk mengetahui definisi dari masing-masing bangun ruang diatas, mari kita bahas satu persatu.
Sebelum membahas lebih detail tentang Macam-macam Bangun Ruang dan Rumusnya, Untuk mengetahui definisi dari masing-masing bangun ruang diatas, mari kita bahas satu persatu.
1. BALOK
Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang diantaranya berukuran berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut sebagai kubus
Elemen balok :
Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang diantaranya berukuran berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut sebagai kubus
Elemen balok :
- Panjang (p) adalah rusuk terpanjang dari alas balok.
- Lebar (l ) adalah rusuk terpendek dari sisi alas balok.
- Tinggi (t) adalah rusuk yang tegak lurus terhadap panjang dan lebar balok.
2
RUMUS
Luas permukaan
Volume
Panjang diagonal ruang
Panjang diagonal bidang
2. KUBUS
Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk bujur sangkar. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Kubus juga disebut bidang enam beraturan, selain itu juga merupakan bentuk khusus dalam prisma segiempat.
3
RUMUS
Keliling
K= 6.r2
Volume
3. TABUNG
Dalam geometri, tabung atau silinder adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Kubus memiliki 3 sisi dan 2 rusuk.
Kedua lingkaran disebut sebagai alas dan tutup tabung serta persegi panjang yang menyelimutinya disebut sebagai selimut tabung.
4
RUMUS
Luas alas
L=
Luas selimut
Luas permukaan
Volume
5
4. LIMAS
Dalam geometri, limas adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas berbentuk segi-n dan sisi-sisi tegak berbentuk segitiga.
Kerucut dapat disebut sebagai limas dengan alas berbentuk lingkaran.
Limas dengan alas berupa persegi disebut juga piramida.
Dalam geometri, limas adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas berbentuk segi-n dan sisi-sisi tegak berbentuk segitiga.
Kerucut dapat disebut sebagai limas dengan alas berbentuk lingkaran.
Limas dengan alas berupa persegi disebut juga piramida.
RUMUS
Luas permukaan
Luas permukaan limas dengan alas segi-n
dapat dihitung dengan rumus berikut:
Luas Permukaan= luas alas + jumlah luas sisi tegak
Volume
5. KERUCUT
Dalam geometri, kerucut adalah sebuah limas istimewa yang beralas lingkaran. Kerucut memiliki 2 sisi dan 1 rusuk.
Sisi tegak kerucut tidak berupa segitiga tapi berupa bidang lengkung yang disebut selimut kerucut.
6
RUMUS
Luas alas
L
=
r2
Luas selimut
Luas permukaan
Volume
V= luas
alas ×
× t
= πr2 ×
× t
7
6. BOLA
Dalam geometri, bola adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tak hingga lingkaran berjari-jari sama panjang dan berpusat pada satu titik yang sama. Bola hanya memiliki 1 sisi.
Dalam geometri, bola adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tak hingga lingkaran berjari-jari sama panjang dan berpusat pada satu titik yang sama. Bola hanya memiliki 1 sisi.
RUMUS
Luas permukaan
Volume
7. PRISMA
PRISMA SEGITIGA adalah
bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai 5 sisi, 9 rusuk yang tegaknya sama
panjang, dan 6 titik sudut. Bidang atas dan bidang bawah berbentuk bangun datar
dan sejajar, serta mempuyai bidang sisi tegak.
8
Karena alasnya
berbentuk segitiga, maka berlaku rumus volume prisma segitiga adalah:
VOLUME
V= L alas x T(prisma)
=(
a × b) × T
Luas Permukaan
= 2 . luas alas +
keliling alas . t
9
BAB 3
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Bangun
ruang adalah bagian
ruang yang dibatasi oleh himpunan titik-titik yang terdapat pada seluruh
permukaan bangun tersebut. Macam-macam bangun ruang adalah sebagai berikut:
a. Balok
b. Kubus
c. Tabung
d. Limas
e. Kerucut
f. Bola
b. Kubus
c. Tabung
d. Limas
e. Kerucut
f. Bola
g. prisma
B. SARAN-SARAN
Bangun
ruang adalah bagian ruang yang dibatasi oleh himpunan titik-titik yang terdapat
pada seluruh permukaan bangun tersebut. Beberapa macam bangun ruang diantaranya
sebagai berikut:
a. Balok
b. Kubus
c. Tabung
d. Kerucut
e. Bola
f. Prisma
Memberikan
pemahaman sifat-sifat bangun ruang, pelajaran SD khususnya bagi fakultas PGSD.
10
Daftar
Pustaka
Andinawan,
M.Cholik & Sugijono.2006.Matematika untuk SMP Kelas IX. Jakarta: Erlangga.
11
Tidak ada komentar:
Posting Komentar