TUGAS MATEMATIKA
“Bangun
Datar ( Segi Empat )”
Di susun oleh :
NPM
|
NAMA MAHASISWA
|
FAKULTAS
|
1286206250
|
SHELLY PURWIANDARI
|
FKIP ( PGSD )
|
1286206239
|
AYU LESTARI
|
FKIP ( PGSD )
|
1286206228
|
INDRIANI RAHAYU
|
FKIP ( PGSD )
|
1286206221
|
YAYAH MARYATUL
|
FKIP ( PGSD )
|
1286206265
|
LINDA NURUL FAUZIAH
|
FKIP ( PGSD )
|
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH TANGERANG
JL.
Perintis Kemerdekaan I/33 Cikokol
KOTA
TANGERANG
DAFTAR ISI
BAB
I…………………………………………………………………………………………………………………………………………………3
PENDAHULUAN……………….………………………………………………………………………………………………………………..3
1.1
Latar
Belakang…………………………………………………………………………………………………………………………….3
BAB
II………………………………………………………………………………………………………………………………………………..4
PEMBAHASAN…………………………………………………………………………………………………………………………………..4
1.2 Pengertian Segi
Empat…………………………………………………………………………………………………………………4
1.3 Menghitung Luas dan Keliling segi
empat…………………………………………………………………………………….4
a.
Perseg Panjang ( rectangle )………………………………………………………………………………………………4
b.
Persegi / bujur sangkar……………………………………………………………………………………………………..5
c.
Belah Ketupat ( Rhombus )………………………………………………………………………………………………..6
d.
Jajar genjang ( Paralellogram )…………………………………………………………………………………………..7
e.
layang – layang ( Kite )……………………………………………………………………………………………………….8
f.
Trapesium ( travezoid )……………………………………………………………………………………………………….9
BAB
III……………………………………………………………………………………………………………………………………………….11
PENUTUP…………………………………………………………………………………………………………………………………………11
1.4
Kesimpulan………………………………………………………………………………………………………………………………….11
BAB IV……………………………………………………………………………………………………………………………………………….12
Daftar
Pustaka………………………………………………………………………………………………………………………………….12
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Matematika
merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui
proses penalaran deduksi, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat
logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar
konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Pada dasarnya kita
ketahui bersama bahwa matematika senantiasa ada pada semua kurikulum sekolah.
Entah itu tingkat Taman Kanak-kanak sampai tingkat Perguruan Tinggi, matematika
senantiasa termasuk salah satu materi yang tercakup dalam kurikulum.
Konsep
dasar matematika sekolah dasar ( SD ) dimulai dengan pembelajaran mengenai
bangun datar seperti bangun segi empat yang meluputi ( persegi / bujur sangkar,
persegi panjang / rectangle, belah ketupat / rhombus, jajar genjang/
parallelogram, trapesium / travezoid, dan layang – layang / kite. Serta siswa dan
siswi sekolah dasar mampu untuk menghitung luas maupun keliling bangun datar
khususnya segi empat.
BAB II
PEMBAHASAN
1.2 Pengertian Segi Empat
segi empat ialah salah satu nama spesifik
untuk bangun datar yang memiliki 4 sudut yang saling behadapan.
1.3 Menghitung luas dan
keliling segi empat
a.
Persegi Panjang ( Rectangle )
Persegi panjang
adalah segi empat yang sisi – sisi berhadapannya sejajar dan sama panjang serta
keempat sudutnya siku – siku. Contoh bentuk persegi panjang dalam kehidupannya
misalanya papan tulis, kotak pensil, dan lain sebagainya
Dengan rumus :
\
Keliling Persegi Panjang
\
Luas Persegi
Panjang
Contoh :
1) Suatu bangun persegi panjang
mempunyai panjang 8 cm dan lebar 6 cm tentukan :
a) Luasnya
b) Kelilingnya
Jawab :
a)
L = P x L b) K = 2 x ( P + L )
= 8 x 6 = 2 x ( 8 + 6 )
= 48 cm2 = 2 x 14
= 28 cm
- Persegi ( Bujur Sangkar )
Dengan Rumus :
\
Luas
Persegi
\
Keliling
persegi
Contoh :
1) Suatu bujur sangkar mempunyai
panjang sisi 7 cm. tentukan luas dan keliling bujur sangkar tersebut !
L
= S x S K
= 4 x S
= 7 x 7 = 4 x 7
= 49 cm2
= 28 cm
c. Belah
Ketupat ( rhombus
)
Adalah bangun datar yang berbentuk segi empat yang panjang
sisinya sama dan Berpotongan diagonal membentuk sudut siku – siku. D
Panjang : AB = BC = CD = DA
Sudut : A = C dan B = D
A C
B
Dengan
Rumus :
Contoh
:
1)
Diketahui
belah ketupat ABCD dengan panjang
diagonal masing – masing 20 cm dan 18
cm. tentukan luas belah ketupat tersebut !
2)
Diketahui
belah ketupat dengan panjang sisi masing – masing 8 cm dan 10 cm. tentukan
keliling belah ketupat tersebut !
d. Jajar
genjang ( Paralellogram )
Adalah bangun segi empat yang
sisi – sisinya sejajar sama panjang dan sudut sudut yang berhadapan sama besar.
Panjang : AB = CD dan AC
= BD
Sudut : A = C dan B = D
B D
Dengan
rumus :
Contoh :
1) Diketahui jajar gejang,
alasnya 16 cm dan tingginya 8 cm. Tentukan luasnya !
e.
Layang – layang ( Kite )
Adalah bangun segi empat yang diagonalnya tegak lurus satu sama lain.
Panjang : AD = DC dan AB = BC
Sudut : A = C
A C
D
Dengan rumus :
Contoh :
1)
Diketahui Layang – layang ABCD, panjang AC = 12 cm
dan panjang BD = 18 cm. Tentukan luas
layang – layang tersebut !
f.
Trapesium ( Travezoid )
Adalah bangun segi empat
yang jumlah sudutnya 360o dan mempunyai dua sisi yang sejajar.
macam – macam trapesium :
\ Trapesium siku – siku
\ Trapesium sama kaki
\ Trapesium sembarang
Trapesium siku – siku Trapesium
sembarang
Trapesium sama kaki
Dengan
rumus :
Contoh
:
1)
Berapakah luas
trapezium d bawah ini !
8
6
14
BAB III
PENUTUP
1.4 Kesimpulan
Bangun datar khususnya segi empat memiliki
bentuk bentuk bangun datar seperti ( persegi / bujur sangkar,
persegi panjang / rectangle, belah ketupat / rhombus, jajar genjang/
parallelogram, trapesium / travezoid, dan layang – layang / kite. Dan kita
dapat menetahui luas dan kelilingnya dengan mengunakan rumus sesuai.
BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
\
Ir. S. Poerwadi
; Buku rumus – rumus matematika untuk SD kelas 3, 4, 5, dan 6 ; Penerbit
“HAMADA PUTRA” - SOLO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar