Jumat, 09 November 2012

Pgsd E : Bangun Segi Empat



TUGAS MATEMATIKA


“Bangun Datar ( Segi Empat )”



Di susun oleh :
















                                          





NPM
NAMA MAHASISWA
FAKULTAS
1286206250
SHELLY PURWIANDARI
FKIP ( PGSD )
1286206239
AYU LESTARI
FKIP ( PGSD )
1286206228
INDRIANI RAHAYU
FKIP ( PGSD )
1286206221
YAYAH MARYATUL
FKIP ( PGSD )
1286206265
LINDA NURUL FAUZIAH
FKIP ( PGSD )








UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
JL. Perintis Kemerdekaan I/33 Cikokol
KOTA TANGERANG




DAFTAR ISI

BAB I…………………………………………………………………………………………………………………………………………………3
PENDAHULUAN……………….………………………………………………………………………………………………………………..3
1.1   Latar Belakang…………………………………………………………………………………………………………………………….3

BAB II………………………………………………………………………………………………………………………………………………..4
PEMBAHASAN…………………………………………………………………………………………………………………………………..4
1.2 Pengertian Segi Empat…………………………………………………………………………………………………………………4
1.3 Menghitung Luas dan Keliling segi empat…………………………………………………………………………………….4
                a. Perseg Panjang ( rectangle )………………………………………………………………………………………………4
                b. Persegi / bujur sangkar……………………………………………………………………………………………………..5
                c. Belah Ketupat ( Rhombus )………………………………………………………………………………………………..6
                d. Jajar genjang ( Paralellogram )…………………………………………………………………………………………..7
                e. layang – layang ( Kite )……………………………………………………………………………………………………….8
                f. Trapesium ( travezoid )……………………………………………………………………………………………………….9

BAB III……………………………………………………………………………………………………………………………………………….11
PENUTUP…………………………………………………………………………………………………………………………………………11
1.4 Kesimpulan………………………………………………………………………………………………………………………………….11

BAB IV……………………………………………………………………………………………………………………………………………….12
Daftar Pustaka………………………………………………………………………………………………………………………………….12
               




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduksi, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Pada dasarnya kita ketahui bersama bahwa matematika senantiasa ada pada semua kurikulum sekolah. Entah itu tingkat Taman Kanak-kanak sampai tingkat Perguruan Tinggi, matematika senantiasa termasuk salah satu materi yang tercakup dalam kurikulum.
Konsep dasar matematika sekolah dasar ( SD ) dimulai dengan pembelajaran mengenai bangun datar seperti bangun segi empat yang meluputi ( persegi / bujur sangkar, persegi panjang / rectangle, belah ketupat / rhombus, jajar genjang/ parallelogram, trapesium / travezoid, dan layang – layang / kite. Serta siswa dan siswi sekolah dasar mampu untuk menghitung luas maupun keliling bangun datar khususnya segi empat.






BAB II
PEMBAHASAN
1.2 Pengertian Segi Empat
segi empat ialah salah satu nama spesifik untuk bangun datar yang memiliki 4 sudut yang saling behadapan.
1.3 Menghitung luas dan keliling segi empat
a.      Persegi Panjang ( Rectangle )
Persegi panjang adalah segi empat yang sisi – sisi berhadapannya sejajar dan sama panjang serta keempat sudutnya siku – siku. Contoh bentuk persegi panjang dalam kehidupannya misalanya papan tulis, kotak pensil, dan lain sebagainya
Dengan rumus :
\     Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-gAtn7Y3ADrpw-bsmxVwzW615q6PiNPk88ymj6QgmolZBRZOYz8rZSBuURBdKLO0xb8_-TApWxUo73tBpQfJtJo8ylhhyye31MgyosqaVItHpxyAMDn_w-adL7wkrU24O3pnzem6BxJw/s1600/2.jpgKeliling Persegi Panjang






\      Luas Persegi  Panjang
Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-gAtn7Y3ADrpw-bsmxVwzW615q6PiNPk88ymj6QgmolZBRZOYz8rZSBuURBdKLO0xb8_-TApWxUo73tBpQfJtJo8ylhhyye31MgyosqaVItHpxyAMDn_w-adL7wkrU24O3pnzem6BxJw/s1600/2.jpg






Contoh :
1)      Suatu bangun persegi panjang mempunyai panjang 8 cm dan lebar 6 cm tentukan :
a)      Luasnya
b)      Kelilingnya
Jawab :
a)      L = P x L                                                                                b)   K = 2 x ( P + L )
  = 8 x 6                                                                           = 2 x ( 8 + 6 )
 = 48 cm2                                                                                                           = 2 x 14
                                                                                        = 28 cm
  1. Persegi ( Bujur Sangkar )
Description: Description: http://www.matematikamenyenangkan.com/wp-content/uploads/2010/07/persegi.jpgBangun datar yang semua sisinya sama panjang






Dengan Rumus :
\      Luas Persegi
\      Keliling persegi
Contoh :
1)      Suatu bujur sangkar mempunyai panjang sisi 7 cm. tentukan luas dan keliling bujur sangkar tersebut !
L = S x S                                                                K = 4 x S
  = 7 x 7                                                   = 4 x 7
 = 49 cm2                                                                      = 28 cm
c.       Belah Ketupat ( rhombus )
Description: http://www.matematikamenyenangkan.com/wp-content/uploads/2010/07/rhombus1.jpgAdalah bangun datar yang berbentuk segi empat yang panjang sisinya sama dan Berpotongan diagonal membentuk sudut siku – siku.                                                                  D
Panjang                :  AB = BC = CD = DA
Sudut                    : A = C dan B = D
                                                                                                 A                                                                      C


                                                                                                                                      B
                Dengan Rumus :
               
             
                Contoh :
1)      Diketahui belah ketupat ABCD  dengan panjang diagonal masing – masing  20 cm dan 18 cm. tentukan luas belah ketupat tersebut !
  
  
2)      Diketahui belah ketupat dengan panjang sisi masing – masing 8 cm dan 10 cm. tentukan keliling belah ketupat tersebut !
   
   
d.      Jajar genjang  ( Paralellogram )
Adalah bangun segi empat yang sisi – sisinya sejajar sama panjang dan sudut sudut yang berhadapan sama besar.
Panjang                                : AB = CD dan AC = BD
Sudut                    : A = C dan B = D
Description: http://www.matematikamenyenangkan.com/wp-content/uploads/2010/07/parallelogram1.jpg        D                                                  C


             B                                              D
                Dengan rumus :
                                                        
                Contoh :
1)      Diketahui jajar gejang, alasnya 16 cm dan tingginya 8 cm. Tentukan luasnya !
  
  
e.      Layang – layang ( Kite )
Adalah bangun segi empat  yang diagonalnya tegak lurus satu sama lain.
Panjang                : AD = DC dan AB = BC
Sudut                    : A = C
Description: http://www.matematikamenyenangkan.com/wp-content/uploads/2010/07/kite.jpg                             B                

              A                                                                C


                                    D
            Dengan rumus :
           
          


            
             Contoh :
1)      Diketahui Layang – layang ABCD, panjang AC = 12 cm dan panjang BD = 18 cm. Tentukan  luas layang – layang tersebut !
  
  
  
f.       Trapesium ( Travezoid )
Adalah bangun segi empat yang jumlah sudutnya 360o dan mempunyai dua sisi yang sejajar.
macam – macam trapesium :
\     Trapesium siku – siku
\     Trapesium sama kaki
\     Trapesium sembarang


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFSgWA8SB8kIb2doebCZkpCjW3SHVIosfLgP54eXUgXd0yONQqheOM5uaro0RUAQtX4X7LvB8sAQvKnehFwahLCYh7zGvizeCmTVwDjw9Mx_nhQ5soJgG2zm7q38bLbxrrogFAUoQLGPEd/s1600/trapesium+sembarang.pngDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnXoSTmpe4KeYmkTGgvYQC86hkeBUFEEz8jkiczfXcPCnIBWFWyWZCHvlSF2EJmRPRs3DQf_4vgRayXdXfHGm5Gj2rLYNdkGsVjZSjhVXfYHBGdOskLgQ1-qeq696dEQpTZcvMhaoFGV3y/s1600/trapesium+siku-siku.png                                                                                        

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgahHjqQ_dGw9obg-qs2FfV1xMSqOfSrdSzeTxYASe2f00oprvBdWHChSMF2NQZjM7OkVzVIqZhk5a4RGjX1TH89QOhNudApHIRRlrWo3kOkmJE0Ec7YxCGzkvcczt5hGeTwYRlWXinfe_j/s1600/trapesium+sama+kaki.pngTrapesium siku – siku                                                  Trapesium sembarang



                                               Trapesium sama kaki
             Dengan rumus :

             
                Contoh :
1)      Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnXoSTmpe4KeYmkTGgvYQC86hkeBUFEEz8jkiczfXcPCnIBWFWyWZCHvlSF2EJmRPRs3DQf_4vgRayXdXfHGm5Gj2rLYNdkGsVjZSjhVXfYHBGdOskLgQ1-qeq696dEQpTZcvMhaoFGV3y/s1600/trapesium+siku-siku.pngBerapakah luas trapezium d bawah ini !
                                         8
                                                           
                                                            6
                                         14

                    




BAB III
PENUTUP
1.4 Kesimpulan
Bangun datar khususnya segi empat memiliki bentuk bentuk bangun datar seperti ( persegi / bujur sangkar, persegi panjang / rectangle, belah ketupat / rhombus, jajar genjang/ parallelogram, trapesium / travezoid, dan layang – layang / kite. Dan kita dapat menetahui luas dan kelilingnya dengan mengunakan rumus sesuai.













BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

\      www.google.com
\      Ir. S. Poerwadi  ; Buku rumus – rumus matematika untuk SD kelas 3, 4, 5, dan 6 ; Penerbit “HAMADA PUTRA”  - SOLO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar